Schwantz Sebut Marquez Seharusnya Diberikan Masa Percobaan dan Anggap Permintaan Maaf Saja Tidaklah Cukup

Schwantz Minta Marquez Didiskualifikasi Bila Masih Melakukan Pelanggaran Seperti di Argentina

Mantan pebalap Suzuki asal Amerika Serikat Kevin Schwantz akhirnya ikut mengecam Marc Marquez yang mencuri perhatian karena aksi-aksi negatifnya sepanjang pekan lalu yang puncaknya terjadi pada Minggu (8/4/2018) saat puncak seri kedua musim ini yaitu MotoGP Argentina yang diselenggarakan di Sirkuit Termas de Rio Hondo.

“Marquez perlu mengevaluasi sikapnya. Kita tahu dia memang seorang pebalap berbakat dan tangguh. Tetapi apabila ia bisa mengurangi agresifitasnya, saya rasa dia akan semakin bisa menjadi seorang pebalap yang mengagumkan,”ucap Schwantz.

Seperti kita ketahui, pada event puncak tersebut, pebalap Repsol Honda tersebut membuat Valentino Rossi terjatuh karena tersenggol Marquez setelah sebelumnya juara dunia musim lalu itu juga menyengggol pebalap Aprilia Aleix Espargaro. Tidak hanya itu, sesaat sebelum balapan dimulai pun, Marquez juga mengabaikan instruksi untuk mengawali start dari pitlane yang menurut Schwantz, Marquez seharusnya sudah didiskualifikasi.

Juara dunia 1993 ini juga menyebut Marquez seharusnya diberikan peringatan untuk seri-seri berikutnya akan didiskualifikasi bila ia kembali melakukan kesalahan serupa sebagaimana dikutip dari Autosport  pada Jumat (13/4/2018).

“Dia memang telah diberikan sanksi atas apa yang telah dilakukannya. Tetapi menurut saya untuk seri-seri selanjutnya Marquez seharusnya diberikan masa percobaan (probation),”jelas Schwantz.

“Marquez harus diberitahu bila ia kembali melakukan hal serupa, maka ia tidak boleh kembali ke arena,”imbuh Schwantz.

Schwantz menganggap permintaan maaf Marquez saja tidaklah cukup karena sebagai peraih gelar juara dunia, Schwantz menyebut bila Marquez seharusnya mengetahui semua aturan yang ada.

Schwantz juga menyadari bila adakalanya seorang pebalap kadang-kadang melakukan kesalahan di saat krusial tetapi Marquez seharusnya tidak terus membuat dirinya berada di situasi krusial hingga bahkan membuat pebalap lainnya terkena imbasnya.

Duta Suzuki ini juga mengatakan untuk seri-seri berikutnya arena balapan MotoGP seharusnya mulai menerapkan sanksi diskuafikasi sejak Free Practice demi menjamin keamanan dan kenyamanan semua pebalap.

MotoGP Argentina: Rossi Sesalkan Ulah Marquez

image: Autosport
Berlangganan_Berita