Satu yang Tersisa dari MotoGP Argentina 2018

Bertumbangannya Para Pebalap Unggulan di Seri Kedua

Seri kedua MotoGP World Championship musim ini yang telah usai digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo Argentina pada pekan lalu menyisakan banyak cerita menarik selain kontroversi yang dilakukan oleh juara dunia empat kali Marc Marquez yang membuatnya banyak mendapat kecaman. Selain itu, MotoGP juga menghadirkan fenomena menarik karena dua pebalap diantara 3 pebalap yang berhasil meraih posisi podium berasal dari tim-tim satelit.

Pebalap dari tim satelit pertama adalah Cal Crutchlow dari tim LCR Honda yang kembali sukses menggapai gelar juara setelah gelar juara terakhir yang diraihnya terjadi pada Oktober 2016 lalu ketika pebalap Inggris itu sukses meraih kemenangan di Phillip Island Australia.

Pebalap dari tim satelit kedua adalah Johann Zarco dari tim satelit Yamaha Tech 3 yang musim ini digadang-gadang bakal bisa meraih kemenangan perdananya di kelas premier menyusul tiga podium yang diraihnya di musim pertamanya musim lalu itu juga berhasil meraih podium kedua.

Sedangkan podium ketiga diraih oleh pebalap pabrikan Suzuki Alex Rins yang merupakan podium perdananya sejak naik kelas musim lalu.

Sedangkan sejumlah pebalap top seperti Marquez, Valentino Rossi, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo justeru mengalami keterpurukan dan gagal meraup point sama sekali. Terlebih Pedrosa yang harus mengalami DNF dan berbuah cedera setelah terjatuh di lap pertama.

Sementara Lorenzo hanya menempati posisi kelima belas sehingga pebalap Ducati asal Mallorca itu baru meraup 1 point karena di seri perdana di Qatar, Lorenzo mengalami DNF.

Bayaran Lorenzo di Ducati Belum Sepadan dengan Prestasinya

Rekan setim Lorenzo, Dovizioso juga mengalami akhir pekan yang kurang memuaskan. Datang ke Argentina sebagai pemuncak klasemen dengan keberhasilannya meraih gelar juara di seri perdana, ‘DesmoDovi’ akhirnya mengalami kesulitan sejak hari pertama dan harus puas menambah 10 point saja karena finish di posisi keenam saat race day.  Dengan hasil itu, posisinya di puncak klasemen pun digusur Crutchlow yang kini mengemas 38 point.

Klasemen Sementara Pasca MotoGP Argentina

“Sebuah akhir pekan yang sulit karena kami tak bisa tampil cepat dan mengawali balapan tanpa ritme sama sekali. Tapi untunglah saya bisa meraih posisi keenam karena hasil ini masih tergolong positif untuk posisi klasemen saya. Selain itu, dua rival saya malah gagal meraup point sama sekali,”ujar Dovizioso seperti dikutip dari Motorcyclenews  pada Sabtu (14/4/2018).

Dovizioso selanjutnya menambahkan bila kesulitan yang dialaminya di Termas de Rio Hondo sepanjang akhir pekan lalu menjadi catatan buruk timnya karena mereka juga gagal memperbaiki performa motor seperti yang mereka harapkan sehingga menurutnya, hasil di posisi keenam bukanlah sebuah hasil yang menggembirakannya.

image: Motorsportal

Berlangganan_Berita