Pilih Mana, Mobil Listrik Atau Mobil Hybrid

Tidak dipungkiri, kian menipisnya bahan bakar fosil membuat seluru pabrikan otomotif di dunia mencari alternative pengganti untuk bahan bakar fosil yang menggerakkan mobil – mobil saat ini.  Baca artikel ini yuk untuk mengetahui perbedaan diantara kedua jenis penggerak mobil seperti judul diatas.

Dikutip dari laman carsdirect.com (31/10/2012), pengertian tentang mobil listrik dan mobil hybrid sebagai berikut.

Mobil listrik. Walau mobil listrik sudah ada dari jaman mobil diciptakan, pengertian mendasar dari mobil listrik adalah mobil ini digerakkan oleh motor listrik, entah dihubungkan dengan kedua roda depan atau belakang yang listriknya dipasok oleh baterai yang dibawa oleh mobil. Kendala utama dari mobil listrik adalah jarak yang terbatas, kapasitas baterai dan pengisian ulang baterai. Walau teknologi makin canggih, kendala ini pelan – pelan diperbaiki. Kelebihannya adalah, tidak ada suara yang keluar, hanya dengungan dari motor listrik dan yang paling utama adalah torsi yang besar sehingga mampu mencapai kecepatan tinggi dengan mudah.

Mobil Hybrid. Pada dasarnya mobil ini kombinasai dari mesin bahan bakar fosil dan motor listrik yang dipasang di roda penggerak. Motor listrik berfungsi memberikan ekstra tenaga untuk berakselerasi atau menjalankan mobil untuk menhemat bahan bakar. Motor listrik ini dipasok suplai listriknya dari mesin yang disimpan di baterai, dan bila menipis, mesin akan mengisi ulang baterai.Kelebihannya adalah, mobil ini mempunyai jarak jangkau yang jauh melebihi mobil listrik dan hemat bahan bakar. Kekurangannya adalah harga mobil yang mahal.

Bagaimana? Sudah siap menyambut era mobil tanpa bahan bakar fosil?

 

Sumber :

carsdirect.com/green-cars/what-is-the-difference-between-a-hybrid-car-and-an-electric-car

 

”Berlangganan_Berita”