Persiapkan Mobil Anda Untuk Perjalanan Mudik

Mudik Lebaran tahun ini diuntungkan dengan cuti bersama yang lumayan panjang. Libur yang panjang memungkinkan kita untuk mempersiapkan kendaraan untuk mudik ke kampong halaman. Berikut tips untuk memeriksa dan mempersiapkan mobil anda.

Dikutip dari laman jalopnik.com (21/03/13), beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :

  • Chek kendaraan anda. Bila memungkinkan, masukkan ke bengkel langganan anda untuk dilakukan pemeriksaan standar kendaraan. Bila tidak memungkinkan, hal yang dilakukan adalah, periksa oli mesin dan jarak tempuhnya. Ganti baru bila memungkinkan. Periksa juga kondisi oli transmisi, minyak rem, air radiator, air pembersih kaca dan minyak power steering. Tambahkan bila berkurang. Bersihkan saringan udara, filter AC dan ganti bila diperlukan. Periksa juga tekanan angin ban, kondisi permukaan ban dan ban cadangan. Perhatikan ketegangan fan belt, AC belt dan kencangkan bila diperlukan.  Busi cadangan, sekering kendaraan cadangan, towing rope dan senter serta tool kit standar dipersiapkan didalam bagasi anda. Selalu letakkan manual book kendaraan anda di dalam mobil dan catat nomor – nomor penting yang bisa dipergunakan untuk kondisi darurat.
  • Persiapkan music dan hiburan lainnya dikendaraan anda. Selain untuk mengusir kebosanan, informasi dari radio local dapat membantu untuk memantau kondisi jalan.
  • Bila anda melakukan perjalan dengan konvoy bersama kendaraan lain, pergunakan radio komunikasi untuk memudahkan pengaturan perjalanan.
  • Bersihkan kendaraan anda, baik interior maupun eksterior. Dengan kendaraan yang bersih, kita merasa nyaman untuk mengendarainya. Plus atur penempatan bagasi, yang terberat taruh paling bawah dan tempatkan barang – barang yang paling sering dipakai di bagian paling atas.
  • Persiapkan makanan, minuman dan obat – obatan selama perjalanan dan atur ritme berkendaraan. Bila lebih dari 4 jam , segera beristirahat . Jangan lupa siapkan uang cash untuk berjaga – jaga bila susah menemui ATM.
  • Persiapkan rute perjalanan dengan mengatur GPS atau menggunakan aplikasi map di smartphone anda. Selain bisa menginformasikan kemacetan, juga menawarkan rute alternatife bagi perjalanan anda.

Bagaimana? Sudah siap untuk mudik lebaran tahun ini?

 

Sumber :

jalopnik.com/the-ten-best-ways-to-prepare-for-an-epic-road-trip-458013557

 

Berlangganan_Berita