MotoGP Prancis: Zarco Bidik Kemenangan Perdana di Tanah Airnya

Johann Zarco Monster Yamaha Tech 3

MotoGP Prancis: Akankah Akhir Pekan ini Menjadi Akhir Pekan yang Sempurna Bagi Zarco?

Pebalap Monster Yamaha Tech 3 Johann Zarco yang kini menempati posisi kedua klasemen sementara membidik kemenangan perdananya di kelas premier pada MotoGP Prancis yang diselenggarakan di Sirkuit Bugatti Le Mans pada akhir pekan ini. Kemenangan akan menjadi kisah sempurna bagi Zarco karena selain dilakukan di hadapan para pendukungnya sendiri, tetapi juga ia berpotensi untuk memimpin klasemen sementara apabila pemuncak klasemen sekarang Marc Marquez gagal meraih podium dan berada di luar posisi 5 besar.

Zarco kini hanya berjarak 12 point saja dari Marquez yang memimpin dengan perolehan 70 point berkat keberhasilan Zarco meraih tambahan 20 point di seri keempat yang berlangsung di Jerez pada pekan pertama bulan ini.

Yamaha dan Lorenzo Masih Yang Terbaik di Le Mans

Melihat hasil yang diraihnya musim lalu di arena yang sama, bukan tidak mungkin Zarco mencatat sejarah untuk meraih kemenangan perdananya di kelas premier pada akhir pekan ini sebab musim lalu, Zarco sukses menggapai podium 2 yang sekaligus menjadi podium perdananya di musim perdananya tampil di kelas premier.

Apalagi tampil di hadapan pendukung sendiri memberikan motivasi lebih bagi pebalap Prancis berusia 28 tahun ini. Bila itu terjadi, maka tentunya akhir pekan ini menjadi akhir pekan yang sangat spesial bagi Zarco dan publik Prancis.

Sirkuit Bugatti Le Mans pada beberapa musim terakhir ini memang lebih sering dikuasai oleh para pebalap Yamaha sehingga pada akhir pekan ini tidak saja Zarco yang memiliki peluang untuk memperbaiki posisinya di klasemen, tetapi juga bagi duo Movistar Yamaha Maverick Vinales dan Valentino Rossi.

Duo Movistar Yamaha ini musim lalu bertarung ketat memperebutkan posisi 1 dan 2 yang akhirnya dimenangkan oleh Vinales setelah Rossi tergelincir beberapa saat menjelang garis finish.

Dua musim sebelumnya, Rossi meraih posisi runner-up setelah Jorge Lorenzo yang masih membalap untuk Yamaha musim itu.

Rossi sendiri telah tiga kali meraih kemenangan di Sirkuit Bugatti Le Mans bersama dua tim yang berbeda. Bila pada 2002 Rossi meraih gelar juara bersama Honda, maka pada 2005 dan 2008, ‘the Doctor’ meraih kemenangan bersama Yamaha.

Namun demikian, pebalap Repsol Honda Dani Pedrosa juga mampu meraih sejumlah hasil positif setiap kali tampil di salah satu sirkuit klasik dalam kalender MotoGP World Championship ini.

Pedrosa pernah meraih kemenangan pada 2013 dan musim lalu, ia pun mampu meraih posisi ketiga, di belakang Vinales dan Zarco, mendapat keuntungan dari insiden yang terjadi pada Rossi.

Demikian juga dengan Jorge Lorenzo yang masih merupakan pebalap dengan gelar juara terbanyak di sirkuit ini karena pebalap Ducati ini telah meraih 6 kemenangan di Le Mans, 5 diantaranya terjadi di kelas premier bersama Yamaha.

Melihat grafik performanya ketika tampil di Jerez sebelum mengalami kecelakaan, maka tak tertutup kemungkinan bagi Lorenzo untuk mencetak kemenangan pertamanya bersama Ducati pada akhir pekan ini.

Tapi jangan lupakan pula duo Pramac Danilo Petrucci dan Jack Miller yang semakin kompetitif, begitu juga dengan pebalap Suzuki Ecstar Andrea Iannone yang meraih dua podium beruntun di seri ketiga dan keempat.

Image: Motorsportal

”Berlangganan_Berita”

 

One thought on “MotoGP Prancis: Zarco Bidik Kemenangan Perdana di Tanah Airnya”

Comments are closed.