MotoGP Inggris: Terjatuh Dua Kali di Sesi FP2, Marquez Akui Keteledorannya

Crutchlow Senang Marquez Baik-baik Saja 

Pimpinan klasemen sementara, Marc Marquez yang sempat terjatuh sebanyak dua kali pada sesi Free Practice (FP) 2 yang berlangsung pada Jumat sore kemarin di Sirkuit Silverstone mengakui ketelodorannya yang menyebabkannya terjatuh hingga dua kali. Untungnya, Marquez tidak mengalami cedera sama sekali dan bisa mengakhiri sesi kedua pada hari pertama MotoGP Inggris kali ini di peringkat kelima.

Seperti dikutip dari Motorsport  pada Jumat (25/8/2017), Marquez terjatuh untuk kedua kalinya di Village  menjelang stage akhir sesi yang berlangsung selama 45 menit tersebut sebelum ia akhirnya menempati posisi kelima, tertinggal 0,7 detik dari pebalap tuan rumah Cal Crutchlow yang memimpin sesi FP2 tersebut.

Berbicara mengenai kedua insiden yang sempat menimpanya, Marquez mengakui keteledorannya dan ia juga mengatakan bahwa ia keliru memprediksi kondisi trek yang ternyata cukup dingin meskipun saat itu langit Silverstone cukup cerah.

“Insiden pertama cukup hebat hingga memaksa saya untuk mengganti rencana saya di sesi FP2 ini. Tentu saja saya merasa kesal atas kecerobohan saya ini. Seharusnya saya bisa menimalisir resiko karena saya harus memikirkan posisi saya di puncak klasemen yang harus saya pertahankan,”jelas Marquez.

“Sedangkan pada insiden kedua terjadi karena saya terlalu memaksakan kecepatan motor saya. Barangkali saya terlalu percaya diri karena saya merasa nyaman dengan motor saya begitu saya keluar untuk mengaspal ke lintasan trek,”imbuh pebalap Repsol Honda itu.

“Saya sampai lupa bahwa kami ada di Silverstone dan saya memilih menggunakan ban keras untuk ban belakang motor saya. Saya kemudian terpaksa mengganti motor saya yang memiliki settingan berbeda dari motor pertama. Saya tak sempat mengganti settingan karena keterbatasan waktu,”kilah Marquez.

“Tapi saya tetap merasa puas karena waktu lap saya cukup bagus,”tandas Marquez.

Sementara itu, Crutchlow yang memuncaki sesi kedua pada Jumat ini mengatakan bahwa ia memuji keuletan Marquez dan merasa heran mengapa Marquez bisa baik-baik saja.

“Saya rasa bila insiden tersebut menimpa pebalap lainnya, maka pebalap itu akan mengalami patah kaki atau mengalami cedera pada bahunya. Saya salut mengapa ia tetap bisa baik-baik saja,”terang Crutchlow.

“Hal ini menunjukkan betapa cepat dan uletnya Marquez . Ia bisa langsung kembali beraksi dan tetap meraih hasil bagus,”tambah Crutchlow.

“Ketika Marquez terjatuh, saya kira itu insiden yang sangat keras sekali, sampai ia terbang ke udara. Tapi saya senang ia baik-baik saja,”Crutchlow menjelaskan.

 

Image: YamahaMotoGP