MotoGP Catalunya: Marquez Pilih Strategi Main Aman Demi Menjaga Posisi Puncak Klasemen

Marc Marquez CatalanGP

Marquez Tak Ingin Terjatuh Lagi di Sesi Puncak

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez yang sebelum seri ketujuh MotoGP Catalunya dimulai pada akhir pekan lalu telah unggul 23 point dari peringkat kedua klasemen Valentino Rossi mengatakan ia memilih main aman hingga akhirnya hanya meraih posisi kedua pada sesi puncak MotoGP Catalunya yang berlangsung di Sirkuit Montmelo Barcelona-Catalunya pada Minggu (17/6/2018) sehingga ia kini bisa terus memimpin dengan keunggulan 27 point dari pebalap Movistar Yamaha itu karena jumlah point Marquez kini telah mencapai 115 point.

Rossi sendiri akhirnya meraih posisi ketiga ketika pebalap Ducati Jorge Lorenzo berhasil meraih kemenangan keduanya musim ini. Keberhasilan Rossi meraih podium kali ini tak lepas dari ketidakberuntungan yang dialami oleh rekan setim Lorenzo, Andrea Dovizioso yang terjatuh di lap 9.

Pilihan bermain aman ini diambil Marquez karena pada seri keenam sebelumnya di Mugello, juara dunia 4 kali itu gagal menambah perbendaharaan pointnya karena hanya bisa finish di posisi ke-16.

Selain itu seperti dikutip dari Bikersportnews  pada Minggu (17/6/2018), pebalap asal Cervera Spanyol itu juga mengatakan bila performa ban depan motornya tidak begitu bagus hingga nyaris membuat dirinya terjatuh sehingga ia lebih memilih untuk menjaga posisi aman ketimbang mencoba bertarung untuk melewati Lorenzo yang akan menjadi rekan setimnya musim depan itu.

“Strategi saya jelas yaitu hanya berusaha untuk berkonsentrasi untuk memimpin sedari awal. Sayangnya saya keliru memilih ban yaitu ban keras dan itu menyulitkan saya di lap awal,”ujar Marquez.

“Saya memilih untuk menunggu Lorenzo untuk melewati saya dan dia akhirnya berhasil. Kemudian saya berusaha untuk memaksimalkan kecepatan motor saya untuk menyusulnya. Awalnya saya berhasil, lalu ban depan saya bermasalah ketika Dovizioso terjatuh. Selanjutnya saya mulai melihat banyak bendera kuning berkibar sebagai tanda banak pebalap yang terjatuh,”imbuh Marquez.

“Setelah apa yang saya alami di Mugello dan di dua hari berturut-turut sebelumnya saya juga terjatuh, maka saya kira kini saatnya saya harus bisa menyelesaikan balapan,”terang Marquez.

Bila dihitung-hitung, seandainya Marquez mengalami DNF pada seri ketujuh ini maka jumlah pointnya akan tetap berjumlah 95 point sehingga apabila Rossi meraih posisi ketiga dan berhak menambah 16 point, maka selisih pointnya menjadi lebih ketat yakni hanya berjarak 7 point saja. Apalagi seri berikutnya akan berlangsung di Sirkuit TT Assen Belanda yang merupakan salah satu sirkuit yang disuka Rossi dan merupakan satu-satunya sirkuit yang dimenanginya musim lalu.

Image: Autosport

		
”Berlangganan_Berita”