MotoGP Belanda: Gagal Gapai Podium, Rossi Justeru Salahkan Dovizioso

Valentino Rossi Movistar Yamaha Assen

Rossi Sebut Dovizioso Lakukan Manuver yang Tak Cerdas

Valentino Rossi dari tim Movistar Yamaha gagal mengulangi prestasi yang diraihnya musim lalu pada MotoGP Belanda dimana ia meraih gelar juara satu-satunya sepanjang musim lalu di Sirkuit TT Assen yang juga menjadi arena penyelenggaraan MotoGP World Championship musim ini yang berlangsung pada Minggu (1/7/2018).

Rossi tidak saja harus merelakan gelar juara diraih oleh salah satu rival terberatnya Marc Marquez dari tim Repsol Honda, tetapi juga gagal menggapai posisi podium sebagaimana yang berhasil diraihnya di tiga seri terakhir yaitu di Le Mans, Mugello dan Barcelona.

Pada seri kedelapan ini, Rossi harus puas mendapatkan posisi kelima sehingga ia hanya berhak mendapat tambahan 11 point dan membuat jarak jumlah pointnya dari Marquez di puncak klasemen semakin melebar.

Bila menjelang seri kedelapan dimulai, kedua pebalap hanya terpaut 27 point, kini keduanya terpaut sebanyak 41 point karena Marquez kini telah mengantongi 140 point dan Rossi baru membukukan 99 point.

Dikutip dari Motorsport  pada Minggu (1/7/2018), pebalap kelahiran Urbino Italia itu justeru menyalahkan kompatriotnya dari tim Ducati Andrea Dovizioso yang membuatnya gagal melanjutkan rangkaian posisi podium untuk kali keempat secara beruntun.

Rossi menganggap Dovizioso telah melakukan manuver agresif ketika keduanya bergerak menjelang dua lap terakhir.

Saat itu Rossi berhasil melewati Dovizioso untuk merebut posisi kedua di chicane terakhir, tetapi Dovizioso berusaha untuk terus menempel ketat sehingga keduanya beriringan ketika berada di Tikungan 1.

Kedua pebalap pun kemudian bergerak melebar dimana Dovizioso bergerak memasuki tikungan sementara Rossi terpaksa sedikit keluar dari lintasan yang membuatnya gagal mempertahankan posisinya dan tercecer ke posisi keenam sebelum berhasil naik satu posisi hingga garis finish.

Rossi menilai pergerakan Dovizioso sebagai tindakan yang tidak cerdas yang memberikan keuntungan bagi Alex Rins dari tim Suzuki Ecstar dan rekan setim Rossi,  Maverick Vinales untuk merebut podium 2 dan 3.

“Saya jelas kecewa karena saya gagal meraih posisi podium padahal saya seharusnya bisa meraihnya. Tetapi akhirnya saya hanya meraih posisi kelima,” keluh Rossi.

“Saya berusaha mengontrol balapan dan berusaha untuk tetap berada di barisan terdepan. Kemudian saya juga berusaha untuk memberikan perlawanan dan di dua lap terakhir, posisi saya sangat bagus dan sangat berpotensi untuk meraih podium,”jelas Rossi.

“Tetapi Dovizioso juga berusaha untuk melewati saya di tikungan pertama dan dia bergerak terlalu cepat sehingga saya harus menghindar dan keluar lintasan,”terang Rossi.

“Saya kira itu sebuah manuver agresif dan hari ini banyak pebalap melakukan hal yang sama. Mungkin ada sekitar 25 kejadian,”ungkap Rossi.

“Bagi saya itu manuver yang tak cerdas karena seharusnya kami berdua bisa naik podium dan sekarang kami kehilangan banyak point karena dia hanya meraih posisi keempat dan saya kelima. Mengecewakan sekali, tetapi itulah faktanya,”pungkas Rossi kesal.

Image: Motorsportal

”Berlangganan_Berita”

 

One thought on “MotoGP Belanda: Gagal Gapai Podium, Rossi Justeru Salahkan Dovizioso”

Comments are closed.