MotoGP Argentina: Hanya Meraih Posisi Start ke-11 di Kualifikasi, Ini Alasan Rossi

Rossi Mengaku Kesulitan dengan Ban Motornya Ketika Trek Mulai Mengering

Pebalap senior asal Italia dari tim Movistar Yamaha Valentino Rossi harus puas meraih posisi start dari grid keempat pada MotoGP Argentina yang berlangsung pada Minggu (8/4/2018) ini setelah pada Kualifikasi 2 yang berlangsung di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada Sabtu kemarin hanya meraih posisi ke-11.

‘The Doctor’ berkilah ia mulai mengalami kendala pada motornya setelah ia menyelesaikan dua lap dimana ia sangat sulit untuk memaksimalkan laju motor YZR-M1 yang dikendarainya.

Rekan Rossi, Maverick Vinales juga gagal meraih posisi start terdepan dan hanya  menempati grid ketiga karena karena pada Kualifikasi hanya mampu menempati posisi ke-9.

Duo Movistar Yamaha sendiri memilih untuk tetap menggunakan ban yang sama dikala sejumlah pebalap memutuskan untuk mengganti ban motor mereka namun hanya pebalap Australia Jack Miller yang mampu meraih hasil maksimal sehingga pebalap yang sejak musim ini memperkuat tim Pramac Ducati itu mendapatkan pole position  pertamanya di arena balapan MotoGP.

Rossi menjelaskan bila ban yang khusus digunakan untuk trek basah terlalu lunak ketika trek mulai kering sehingga membuatnya tak mampu tampil maksimal.

“Hari yang sulit bagi saya karena kondisi ini dimana kami keluar menggunakan ban basah tetapi kemudian aspal berangsur kering. Saya sangat kesulitan,”terang Rossi seperti dilansir Crash  pada Sabtu (7/4/2018).

“Ban kami terlalu lunak setelah kami menyelesaikan dua lap dan setelahnya kami sangat kesulitan. Kami mendapati situasi krisis pada kedua ban kami terutama dengan ban depan,”kilah Rossi.

“Jadi sangat sulit bagi saya untuk memaksimalkan kecepatan motor saya,”pungkas Rossi yang pada Jumat malam kemarin meresmikan patung dirinya di luar Sirkuit Termas de Rio Hondo ini.

Senada dengan Rossi, Vinales mengatakan bila level performa motor Yamaha tidak sebagaimana semestinya yang jauh di bawah para rival mereka sehingga sulit untuk bisa tampil optimal di trek basah.

“Kami harus melanjutkan kerja keras kami untuk menemukan settingan yang paling cocok untuk balapan pada Minggu ini,”jelas mantan pebalap Suzuki Ecstar yang baru berusia 23 tahun ini.

image: GP-Inside
Berlangganan_Berita