MotoGP Amerika Serikat: Lorenzo Minta Race Direction Bisa Lindungi Para Pebalap dari Aksi Agresifitas Seperti yang Dilakukan Marquez

Lorenzo: “Suatu Perubahan Biasanya Terjadi Setelah Suatu Peristiwa Besar Terjadi”

Menjelang seri ketiga MotoGP World Championship musim ini yang sudah sejak Jumat ini dimulai di Circuit of the Americas (COTA) Austin Texas masih menyisakan polemik menyusul insiden yang terjadi di seri kedua pada 8 April lalu yang melibatkan Marc Marquez yang menabrak Valentino Rossi dan Aleix Espargaro. Beberapa pebalap ikut angkat bicara mengenai hal itu, tak terkecuali pebalap Spanyol dari tim Ducati Jorge Lorenzo.

Bila Jack Miller menganggap baik Marquez maupun Rossi kekanak-kanakan dan meminta media untuk tidak meperkeruh suasana, Lorenzo menyalahkan para ofisial seperti marshall dan race direction yang membiarkan adanya agresifitas yang membahayakan yang dilakukan oleh para pebalap yang berpotensi mencelakakan para pebalap lainnya di lintasan sirkuit dan ia juga menilai pemberian sanksi pengurangan waktu saja tidak akan berpengaruh besar pada agresifitas para pebalap.

Mantan pebalap Yamaha itu juga mengatakan bahwa biasanya butuh hal besar terjadi terlebih dahulu hingga terjadi perubahan.

“Seperti biasanya, butuh sesuatu yang besar terjadi terlebih dahulu agar bisa mengubah sesuatu,”ujar Lorenzo.

“Menurut saya, seharusnya tak demikian tetapi begitulah kadang-kadang hal yang terjadi pada kehidupan ini,”imbuh Lorenzo bernada filosofis sebagaimana dikutip dari Autosport  pada Jumat (20/4/2018).

“Kini kita semua harus melakukan sesuatu menyusul apa yang terjadi dengan Marquez, Rossi dan Aleix. Ini memang olahraga yang berbahaya. Namun kita perlu melindungi para pebalap,”harap Lorenzo.

Lorenzo selanjutnya mengatakan bila aksi seorang pebalap tidak menyebabkan resiko terhadap pebalap lain merupakan hal yang wajar. Namun akan berbeda cerita bila aksi seorang pebalap bisa membahayakan pebalap lainnya. Sehingga, Lorenzo meminta ketegasan para ofisial seperti race direction agar agresifitas seperti kasus Marquez tidak terjadi lagi.

“Kesalahannya bukan pada pebalap tetapi race direction. Harusnya mereka memberikan sanksi yang berat untuk mencegah hal ini terulang kembali dan melindungi para pebalap yang terkena imbasnya yang adakalanya menyebabkan mereka terpaksa tidak bisa melanjutkan balapannya,”tegas Lorenzo.

image: Motorsportal
Berlangganan_Berita