Giliran Motor Sport 150cc Yang Digilas Skutik

Pelan tapi pasti, sejak motor bebek kehilangan market pasarnya di penjualan motor, giliran segmen lain yang tergerus penjualannya dan diganti oleh skutik. Berikut kisahnya.

Dikutip dari triatmono.info (01/07/2018), motor jenis skutik mulai menjadi pilihan utama para pengendara, baik pemula maupun pengendara di perkotaan. Kemudahan dan praktisnya naik skutik, yang tinggal putar gas, memang sangat membantu mengurangi kelelahan dibanding harus memutar gas sekaligus menarik kabel kopling. Setelah booming dengan keluarnya Yamaha Nmax, diikuti oleh PCX 150, perlahan konsumen berbondong – bondong membeli skutik ini.

Data penjualan dari bulan Januari – Mei 2018, penjualan gabungan motor jenis sport 150cc adalah,

Honda  122.735 unit

Yamaha 45.384 unit

Sementara penjualan gabungan skutik 150cc dari bulan yang sama adalah,

Honda 265.777 unit

Yamaha 298.136 unit

Terlihat begitu jomplangnya penjualan segmen yang berbeda tetapi dengan kubikasi yang sama.

Apalagi dengan penambahan fitur –fitur baru seperti keyless, electric charger, jok lebar dan mesin bertenaga, membuat pengendara yang sudah memakai skutik dengan mesin kecil tentunya kan naik kelas ke mesin yang lebih besar plus harga antara skutik 150cc dengan motor sport 150cc juga mirip – mirip dan tidak terpaut jauh.

Jadi, apakah motor sport di tahun – tahun berikutnya makin mengecil pangsa pasarnya? Waktu yang akan membuktikan.

 

Sumber :

triatmono.info/2018/07/01/duel-penjualan-motor-sport-150cc-dominasi-yamaha-ambyaaar-honda-mayoritas-tunggal/

 

”Berlangganan_Berita”