Gagal Gapai Podium di Le Mans, Lorenzo Salahkan Bobot Motornya

MotoGP, 2018, HJC HELMETS GRAND PRIX DE FRANCE,Jorge Lorenzo, Ducati

Lorenzo Anggap Motor Desmosedici GP18 Terlalu Menguras Staminanya

Pebalap Spanyol dari tim Ducati Jorge Lorenzo menyesalkan kegagalannya meraih podium pada MotoGP Prancis yang berlangsung pada Minggu (20/5/2018) di Sirkuit Bugatti Le Mans. Menurut mantan pebalap Yamaha itu, motor Desmosedici GP18 yang dikendarainya terlalu menguras staminanya sehingga ia berhasil dilewati oleh para rival hingga membuatnya finish di posisi keenam.

Pada lap-lap awal Lorenzo sebenarnya mampu menyodok ke posisi terdepan walaupun mengawali balapan dari grid kedua.

Namun setelah menyelesaikan 9 lap, Lorenzo tampak mulai kedodoran hingga ia berhasil dilewati oleh mantan rekan setimnya di Yamaha, Valentino Rossi ketika Lorenzo berada di posisi tiga besar, dan kemudian oleh pebalap satelit Pramac asal Australia Jack Miller serta oleh pebalap Repsol Honda Dani Pedrosa.

“Sejak awal saya sudah mengalami kesulitan, sama seperti ketika tampil di Texas karena memiliki karakteristik sirkuit yang sama di sini. Musim lalu, kami mengendarai motor yang sedikit berbeda dan tak terlalu menguras stamina,”imbuh Lorenzo pula.

Lorenzo berkilah seandainya ia tak mengalami kondisi tersebut, ia yakin beberapa pebalap yang semula berada di belakangnya tak akan mampu melewatinya terutama ketika melewati area tikungan yang memaksanya harus sedikit pelan sehingga para pebalap di belakangnya semakin mendekat hingga bisa melewatinya.

Lorenzo selanjutnya mengatakan bila kendala tersebut menjadi hal yang sangat penting bagi timnya untuk segera dibenahi saat berujicoba di Sirkuit Montmelo-Barcelona yang akan dilakukan timnya pada pertengahan pekan ini agar ia tak mudah lagi untuk dilewati oleh para rivalnya.

“Kami harus membenahi area ini, jika kami mampu melakukannya, maka akan sangat sulit bagi para pebalap lainnya untuk bisa mengejar dan melewati saya,”terang Lorenzo sebagaimana dikutip dari Autosport  pada Senin (21/5/2018).

“Di Montmelo kami akan berusaha untuk mencari solusi untuk mengatasi kendala ini,”Lorenzo menambahkan.

Image: GP-Inside

		
”Berlangganan_Berita”