Apa Sih Yang Membuat Honda Beat Laku Keras?

Motor matic buatan pabrikan Honda yaitu Honda Beat mencatat penjualan sepanjang tahun 2017 yaitu sebesar 1.728.473 unit berdasarkan data AISI.  Seperti dikutip dari laman otomotif.antaranews.com (12/01/2018), Honda Beat mendominasi penjualan untuk motor matic dan satu- satunya yang terjual sampai diatas 1.7 juta unit per tahun. Prestasi Honda Beat dalam penjualan ditunjukkan sejak melampaui penjualan lebih dari 10 juta unit di tahun 2016 sejak pemunculannya perdananya di tahun 2008. Penasaran, apa sih yang membuat Honda Beat begitu laris? Berikut kisahnya.

Honda Beat pertama kali meluncur di tahun 2008, seperti dilansir laman astra-honda.com (2015 edition) untuk melawan saingan berat mereka yaitu Yamaha Mio. Dengan mesin berkapasitas 108.2 cc, Honda Beat muncul dengan keunggulan – keunggulan yang belum dipunyai oleh kompetitornya. Kekurangan dari Yamaha Mio waktu itu adalah kunci yang tidak dilengkapi dengan pengaman bermagnet (shuttered key), standar samping biasa, bantingan cukup keras, walau ini yang membuat Yamaha Mio mantap pengendaliannya , ukuran roda yang kecil dan bahan bakar yang tidak terlalu irit. Melihat ini, Honda Beat keluar dengan segudang fitur dan kelebihan untuk menunjukkan bahwa produk mereka lebih mengerti kebutuhan konsumen untuk sebuah motor matic. Dilengkapi kunci berpengaman magnet, otomatis resiko kehilangan motor dapat dikurangi. Standar samping dilengkapi fitur side stand switch yang bila belum dilipat keatas, mesin tidak bisa dihidupkan. Lebih aman. Ukuran roda diperbesar, memakai ukuran 80/90 di roda depan dan 90/90 di belakang. Lebih tebal dibanding kompetitor yang memakai 70/90 di depan dan 80/90 di belakang. Dengan ban tebal, guncangan dari jalan dapat diredam sekaligus karakter suspensinya dibuat lebih lembut sehingga nyaman dinaiki. Dengan mesin yang lebih kecil (108.2cc) dibanding competitor (115cc), otomatis konsumsi bensin lebih irit. Untuk mensiasati tarikannya, ratio gear nya diperbesar untuk mengejar akselerasi awal. Ada juga fitur brake lock, yang memudahkan motor untuk tetap berhenti di tanjakan.

Keunggulan yang ditawarkan Honda Beat ini membius konsumen motor matic. Apalagi bentuk bodi yang kecil dan ramping, serta perbaikan yang terus menerus seperti di generasi keduanya yang dilengkapi eSP dan ASG serta fitur ISS (Idling Stop System) membuat Honda Beat menjadi pilihan utama untuk motor matic. Yamaha bukannya tidak melengkapi andalannya dengan fitur – fitur baru untuk menutupi kelemahan produk lawas mereka. Tetapi respon konsumen dan lamanya penambahan fitur – fitur tadi membuat Yamaha kehilangan momentum dalam penjualan dan menyerahkan tahta raja motor matic ke tangan Honda Beat.

 

Sumber :

otomotif.antaranews.com/berita/677177/10-sepeda-motor-terlaris-2017

astra-honda.com/jadi-motor-favorit-honda-beat-cetak-rekor-penjualan-10-juta-unit

 

Berlangganan_Berita